Mengapa Seseorang Harus Belajar Bahasa Inggris?

Tak dipungkiri lagi jika semua orang ingin sekali fasih dalam berbahasa Inggris. Gimana tidak? Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang hampir semua negara menggunakannya. Selain itu, jika seseorang bisa berbahasa Inggris dengan lancar maka akan terlihat keren bukan?

Oleh karena itu, banyak orang tua mengajarkan dan membiasakan berbahasa Inggris pada anaknya sedari kecil. Namun apakah belajar bahasa Inggris hanya agar terlihat keren saja? Tentu saja tidak, karena ada beberapa manfaat lain jika kita belajar dan pandai bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak langsung artikel di bawah ini.

Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari segala sesuatu tentunya harus dimulai dari dasar terlebih dahulu bukan? Termasuk ketika kita ingin mahir berbahasa Inggris. Sebagai pemula kita wajib mengetahui materi dasar bahasa Inggris apa saja yang harus kita pelajari. Ketika mengenal dasar-dasar dari suatu hal, kita pun akhirnya dapat memahami perihal darimana dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

Mengetahui dan mempelajari sesuatu yang dimulai dari dasar pun dapat membuat pemahaman kita berdasar, tidak hanya tahu hasil akhirnya saja. Biasanya, dasar dari suatu materi akan mengantar kita untuk memahami materi-materi. Ya, itu semua karena semua hal butuh proses. Jadi, semua yang kamu inginkan perlu proses untuk mendapatkannya. Juga dalam belajar sebuah bahasa asing kamu perlu sadar bahwa Kemahiran butuh PROSES.

Materi dasar ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bahasa Inggris kita ke depannya. Bisa kebayang kan jika materi dasar saja tidak kita kuasai bagaimana bisa kita naik ke level berikutnya. Lantas, apa saja sih dasar-dasar dalam belajar bahasa Inggris yang paling penting untuk dipelajari? Nah berikut ini adalah dasar – dasar belajar bahasa Inggris tersebut:

  • Pelajari Tenses

Menguasai hal-hal dasar menjadi sebuah pondasi dan merupakan langkah awal dalam belajar bahasa Inggris, seperti mempelajari Tenses. Ya, ini adalah salah satu elemen paling penting dan paling dasar untuk mempelajari bahasa Inggris. Jika Kalian memiliki pondasi yang bagus, itu akan memudahkan kamu dalam mempelajari hal selanjutnya.

Tenses adalah bentuk kata kerja yang ada dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu (sekarang, masa depan atau masa lalu) terjadinya suatu peristiwa. Oleh karena itu jangan heran, saat membeli buku tentang dasar-dasar mempelajari bahasa Inggris, hal yang pertama kita temukan di halaman pertama isi dari buku tersebut adalah tentang tenses ini karena memang tenses adalah elemen utama dan terdasar yang akan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kita.

  • Vocabulary

Vocabulary atau kosakata tentunya sangat penting untuk pengembangan kemampuan bahasa Inggris-mu. Jika kamu tidak memiliki kosakata yang cukup bagaimana bisa kamu berbicara atau pun menulis dalam bahasa Inggris?. Kosakata atau vocabulary yang harus kamu hafalkan dan pahami dimulai dari yang sangat sederhana terlebih dahulu. Mulai dari number, hari, bulan kemudian berlanjut ke kegiatan sehari-hari.

  • Grammar

Sebagai pemula, grammar sangat penting juga untuk kamu kuasai. Tanpa grammar, bahasa Inggrismu jadi kacau. Grammar atau tata bahasa itu memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Bisa kamu bayangkan sebuah bahasa tanpa tata bahasa bukan? Tentu saja itu akan sangat mengacaukan. Materi dasar grammar yang harus dan wajib kamu kuasai sebagai pemula adalah sebagai berikut:

  1. Kata ganti (pronoun)
  2. Kata bantu kerja (tobe)
  • Listening

Setelah memahami tenses yang notabenenya adalah bagian penting dalam dasar – dasar belajar bahasa Inggris, selanjutnya tinggal mengikuti dan mengalir saja. Namun untuk lebih baik, urutan untuk bisa memahami dasar – dasar belajar bahasa Inggris adalah dengan mendalami skill listening.

Ya, Listening adalah salah satu skill bahasa Inggris yang penerapannya yaitu dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa Inggris. Dengan mempelajari dasar-dasar belajar bahasa Inggris dari listening ini, secara tidak langsung nantinya kalian akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain jika nantinya berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Reading

Jika listening sudah dikuasai, maka dasar–dasar belajar bahasa Inggris yang penting dikuasai selanjutnya adalah Reading. Ya, reading adalah membaca. Artinya, dengan membaca beberapa teks atau kalimat berbahasa Inggris, hal itu akan membuat kalian peka terhadap struktur kata atau struktur kalimat yang terbentuk dalam bahasa Inggris.
Dari situlah kalian akan mendapat pelajaran mengenai banyaknya kosakata dalam bahasa Inggris.

Terlebih, kalian pun akan mendapatkan kosakata-kosakata baru hanya dengan membaca teks-teks berbahasa Inggris. Perlahan, kalian akan mendapatkan referensi di dalam menulis ataupun mengoreksi kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Hal itu tentu sangat bermanfaat untuk mengembangkan skill kalian dalam berbahasa Inggris bukan?

  • Speaking

Cara cepat belajar Bahasa Inggris yang ke enam adalah berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini. Praktek berbicara atau speaking mungkin adalah hal yang lumrah. Sadar atau tidak, saat ngobrol kita sering menerjemahkan, entah dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Metode “translation” ini kurang efektif untuk meningkatkan keterampilanmu.

Jadi apa yang harus dilakukan? Kamu perlu berlatih untuk berpikir dan berbicara dalam bahasa asing. Cara ini akan membuat otakmu terbiasa mengolah sesuatu dalam bahasa baru. Nah saat ngobrol, responmu pun jadi lebih cepat tanpa harus menerjemahkan.

  • Writing

Writing adalah menulis dan tentu saja menjadi salah satu dasar dalam belajar bahasa Inggris. Pasalnya, dengan menulis bahasa Inggris, kalian jadi bisa melihat sejauh mana sih kemahiran kalian dalam berbahasa Inggris. Menulis dalam bahasa Inggris akan membuat kalian mengerti tentang sisi kelemahan kalian di dalam berbahasa Inggris, entah itu dari tata bahasa ataupun kosa kata. Dengan begitu, kalian bisa memperbaiki kelemahan itu dengan berlatih dan berlatih sehingga nantinya kelemahan itu tertutupi dan tidak ada sama sekali.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

Sebenarnya begitu banyak alasan kenapa kita harus belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris dikenal sebagai lingua franca, yang berarti menjadi bahasa universal yang digunakan oleh orang-orang dengan latar belakang bahasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memiliki kemampuan berbahasa Inggris merupakan sebuah asset bagi kalian.

Memang benar bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari, namun kamu harus tahu, jika menguasai bahasa Inggris merupakan hal yang penting. Nah berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa kita semua harus mempelajari bahasa Inggris:

  • Bahasa Internasional

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan oleh penutur bahasa asing di seluruh dunia. Ketika orang-orang dengan berbagai bahasa datang bersama-sama, pada umumnya mereka menggunakan bahasa Inggris untuk saling berkomunikasi. Kita sering melihat ada banyak orang yang ketika harus bergaul dengan sesamanya, mereka kadang harus memandang bagaimana etnis, warna dan latar belakang orang yang sedang diajak bergaul.

Namun, inilah alasan penting dari belajar bahasa Inggris. Jika kita menguasai bahasa Inggris, ketika kita berkunjung ke negara-negara besar seperti Amerika atau Inggris dan berkomunikasi langsung dengan menggunakan bahasa Inggris, maka orang-orang di sana akan dengan senang hati menanggapi kita tanpa harus memandang bagaimana etnis, warna dan latar belakang kita.

  • Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Ya, tentu saja. Salah satu alasan paling penting dalam mempelajari bahasa Inggris salah satunya adalah kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih layak terbuka lebar. Dengan mempunyai kemampuan dalam berbicara menggunakan dua bahasa, tentu hal itu akan menjadi nilai tambah pada diri kita.

Selain itu, kita pun akan dapat mendapatkan karier di jenjang internasional jika kemampuan berbahasa Inggris kita sangat baik. Banyak perusahaan yang percaya bahwa karyawan yang fasih berbahasa Inggris dapat menghasilkan lebih banyak penjualan, karena luasnya cakupan pelanggan yang dapat di approach baik dari dalam maupun luar negeri.

  • Paham Teknologi

Kita semua tahu, hampir semua alat-alat teknologi ataupun gadget keluaran terbaru selalu menggunakan bahasa Inggris dalam penggunaannya. Buku tutorial yang notabenenya sebagai buku petunjuk dalam penggunaan alat-alat teknologi tersebut pun tak jarang juga selalu menggunakan bahasa Inggris. Nah jika kamu menguasai bahasa Inggris, maka kamu akan lebih cepat untuk memahami teknologi gadget tersebut. Oleh karena itu, di sinilah alasan pentingnya belajar bahasa Inggris.

  • Dapat Menaklukkan Dunia Internet

Internet dapat menyambungkan kita kemana saja serta dapat membuka wawasan kita dalam berbagai macam hal. Namun, siapa sangka bahwa 80% informasi elektronik di internet itu hanya tersedia dalam bahasa Inggris? Jadi, inilah alasan penting dari belajar bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris, maka itu berarti kita dapat menaklukan dunia internet yang mana memang hampir didominasi oleh bahasa Inggris saja.

  • Salah Satu Syarat Mendapatkan Beasiswa Sekolah Ke Luar Negeri

Jika kita berkeinginan untuk sekolah ke luar negeri maka salah satu syarat mutlak adalah kemampuan berbahasa Inggris. Nah jika kita menguasai bahasa Inggris maka tidak ada lagi halangan untuk kita dapat bersekolah diluar negeri. Terlebih lagi jika kita pintar maka dengan mudah kita mendapatkan beasiswa untuk sekolah keluar negeri.

  • Bisa Mengajari Anak

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu dapat mengajarkan dan melatih komunikasi anak kamu dengan bahasa Inggris. Sehingga anak kamu bisa mengetahui bahasa Inggris sejak dini.

  • Mudah Melakukan Transaksi Keuangan

Pernahkah kamu pergi ke ATM dan melakukan transaksi keuangan menggunakan mesin ATM tersebut? Disadari atau tidak, tombol-tombol dalam mesin ATM menggunakan Bahasa Inggris. Bayangkan bila kita tidak memiliki pengetahuan Bahasa Inggris dengan baik. Kemungkinan kesalahan dalam transaksi bisa saja terjadi pada diri kita selama menggunakan mesin ATM.

Ya itulah beberapa alasan kenapa seseorang harus belajar bahasa Inggris. Buat kamu yang memang belum menguasai bahasa Inggris, udah bisa nih mulai belajar. Tidak ada kata terlambat dalam belajar dan selamat mencoba ya…