Menceritakan Masalah Sulitmu Ke Psikolog Adalah Solusi Yang Terbaik

Mempunyai permasalahan memanglah membuat pikiran kita menjadi tidak tenang. Namun, untuk menyelesikannya kita harus mencari solusi. Mencari solusi tersebut kamu bisa bercerita ke teman terdekat atau pada Psikolog apa masalah kamu. Nah, apakah kamu sudah mengetahui apa itu Psikolog? Dan Seperti apa ilmu psikologi tersebut? Yuk mari simak ulasan dibawah ini secara jelas.

Pengertian Dan Sejarah Singkat Psikolog

Psikolog merupakan seseorang yang ahli dalam ilmu yang bergerak dibidang terapan yang mengajarkan tentang berbagai jenis hal seperti tentang perilaku, fungsi mental dan proses mental manusia secara ilmiah. Psikolog juga berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, dan mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis (ilmu yang mempelajari tentang sistem saraf) yang mendasari perilaku.

Namun saat ini, pengertianPsikolog lebih banyak mempelajari tentang perilaku manusia. Tapi, dengan adanya pengertian menurut beberapa ahli bisa membantu Anda untuk mengetahui sebenarnya apa pengertian dari Psikolog. Berikut ada beberapa pengertian dari Psikologi menurut beberapa Ahli:

  1. Wilhelm Wundt: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesaradan Manusia.
  2. Woodworth dan Marquis: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yang terlihat maupun yang tidak telihat meliputi aktivitas fisik, emosional, dan berpikir.
  3. Fieldman: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental.
  4. Clifford T. Morgan: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang memeplajari perilaku manusia dan hewan.
  5. Gardner Murpgy: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
  6. Ernest Hilgert: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.
  7. George A, Miller: Psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku.
  8. Chaplin: Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organism dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan.
  9. Dr. Singgih Dirgagunarsa: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
  10. Plato dan Aristoteles: Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakekat jiwa serta prosesnya.

Pada tahun 1879, Wilhem Wundt mendirikan laboratorium Psikologi pertama di University of Leipzig, Jerman. Dengan ditandai berdirinya laboratorium ini, maka metode ilmiah untuk lebih memahami manusia telah ditemukan (walau tidak terlalu memadai). Dengan berdirinya laboratorium ini, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pemgetahuan.

Wilhelm Wundt dapat dikatakan sebagai bapak “Psikologi Modern”,  yang telah berusaha untuk menjadikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (otonom) dan sebelum abad ke 19, Psikologi merupakan bagian dari filsafat.

Psikologi berasal dari bahasa latin, yaitu “Psyche” yang berarti “Jiwa” dan “Logos” berarti “Pengetahuan”. Berarti pengertian psikologi secara adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Psikologi memiliki akar dari bidang ilmu filsafat yang diprakarsai sejak zaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu “Ilmu untuk kekuatan hidup (levens beginsel)”.

Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari tentang gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (Anima), karena itu setiap makhluk hidup memiliki jiwa. Sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual dinegara Eropa, namun mendapatkannya dalam bentuk pragmatisnya dibenua Amerika.

Berikut juga beberapa fungsi dari Psikologi, antara lain sebagai berikut:

  1. Menjelaskan, yang mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil penjelasan atau diskusi dalam bentuk deskripsi yang bersifat deskriptif.
  2. Memprediksi, yaitu mampu meramalkan atau memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi yang prognosis, prediksi atau estimasi.
  3. Control, yaitu mengendalikan perilaku seperti yang diharapkan. Manifestasi dalam bentuk tindakan yang preventif, intervensi atau pengobatan dan rehabilitasi atau perawatan.

Jenis-jenis Psikologi

Psikologi memiliki berbagai jenis, seperti Psikologi umum, Psikologi kepribadian, Psikologi Perkembangan, dan sebagainya. Berikut penjelasannya dibawah ini:

  • Psikologi Umum

Psikologi umum adalah ilmu tentang tingkah laku manusia pada umumnya seperti keadaan emosi, intelegensi, memori, pembentukan karakter, dan kepribadian. Psikologi umum mencakup hampir seluruh macam-macam psikologi, tapi hanya penjelasan umumnya saja.

  • Psikologi Faal

Psikologi faal adalah ilmu yang mempelajari mengenai perilaku manusia yang berkaitan dengan fungsi dan bagian dalam tubuh, seperti mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika orang tersebut sedang meluapkan rasa marah, senang atau sedih. Karena dalam pembelajaran Psikologi Faal lebih menitik beratkan kepada pengaruh kondisi biologis atau faali seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut.

  • Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan atau bisa dikatakan dengan Psikologi Genetis merupakan ilmu yang membicarakan tentang perkembangan psikis manusia mulai dari kecil hingga lanjut usia. Psikologi perkembangan lebih menjelaskan karakter yang terdapat pada seseorang dan mencakup pada bidang atau kajian psikologi anak, psikologi puber, psikologi pemuda, psikologi orang dewasa dan psikologi orang tua.

  • Psikologi Sosial

Psikologi sosial mempelajari tentang tingkah laku manusia sebagai fungsi dari rangsangan sosial terhadap lingkungan. Ilmu ini juga mempelajari tentang gejala dalam kondisi bisa diatur (terkontrol), perkiraan, dan spekulasi. Dampak dan pengaruh sosial terhadap tingkah laku individu juga dipelajari dalam psikologi sosial dan psikologi sosial memiliki cakupan yang sangat luas dalam berbagai disiplin ilmu.

  • Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, seperti seseorang berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan kepribadiannya masing–masing. Psikologi kepribadian juga berhubungan dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sebagai hasil dari perkembangan individu sejak kecil dalam lingkup sosialnya.

  • Psikologi Klinis

Psikologi klinis mempelejari tentang bagaimana cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikologis seseorang ke arah yang normal seperti orang yang mengalami depresi, dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menangani orang tersebut, dan bagaimana cara kita untuk menyembuhkannya dari depresi.

  • Psikologi Konseling

Psikologi konseling merupakan ilmu terapan yang berusaha menciptakan, menerapkan dan juga menyebarkan pengetahuan mengenai penanggulangan gangguan fungsi psikologis manusia, dan mempelajari hubungan antara terapis dan kliennya.

  • Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal (Psikopatologi) merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebiasan-kebiasaan individu yang menyimpang dari keadaan normal, seperti homoseksual, lesbi, clepto, psikopat, dan sebagainya. Psikologi abnormal juga mempelajari tentang klasifikasi dan kategori gangguan mental serta penyusunan diagnosa klinis. Perilaku individu yang dikatakan abnormal jika menyimpang dari standar perkembangan secara umum, menyimpang dan norma budaya individu terkait serta berbahaya bagi oranglain maupun bagi diri sendiri.

  • Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah ilmu tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Psikologi ini berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang seperti pendidikan yang diberikan guru, masyrakat, dan juga orang tua. Psikologi pendidikan juga mempelajari mengenai sistem pendidikan dan pengaruhnya bagi individu.

  • Psikologi Diagnostik

Psikologi Diagnostik atau disingkat “Psikodiagnostik”merupakan metode yang digunakan untuk membuat suatu diagnosis psikologis, yang bertujuan untuk memperlakukan manusia dengan perlakuan yang lebih tepat. Metode ini juga digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat.

  • Psikologi Industri

Psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia ditempat kerja. Ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya.

  • Psikologi Komunikasi dan Media

Psikologi komunikasi dan media merupakan salah satu ilmu yang mempelajari mengenai proses penyampaian energi dari alat indera ke otak, proses menerima dan mengolah informasi dan bagaiman pengaruhnya dalam diri individu. Psikologi komunikasi bertujuan untuk menghasilkan proses komunikasi yang efektif dimana komunikasi yang efektif penting dalam memunculkan pengertian, kesenangan, hubungan sosial, tindakan serta perubahan sikap.

 

Apa Saja Metode Psikologi?

Dengan dilakukannya psikologi kamu bisa mengetahui perkembangan pada diri sendiri ataupun mengeluarkan permasalahan yang ada dengan bercerita dengan orang yang bisa memberi solusi. Berikut beberapa metode dalam psikologi, sebagai berikut:

  • Metode Eksperimental

Metode Eksperimental merupakan suatu tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk memeriksa atau mengenali hubungan sebab, akibat antara gejala yang terjadi. Cara ini dilakukan biasanya dalam laboratorium dengan melakukan berbagai eksperimen yaitu dengan menentukan apa yang akan diperiksa.

  • Pengamatan Ilmiah

Pada pengamatan ilmiah, kasus yang terjadi dalam situasi disebabkan oleh ketidaksengajaan dari kasus tersebut, tetapi proses ilmiah bisa terjadi secara spontan. Pengamatan secara alami dapat diterapkan juga pada perilaku orang lain, seperti: perilaku orang-orang yang berada di department store, perilaku pengendara dijalan raya, perilaku anak-anak bermain, perilaku orang dalam bencana alam, dan sebagainya.

  • Metode Biografi

Metode biografi merupakan metode yang menceritakan tentang peristiwa atau masalah yang dihadapi oleh tokoh atau pelaku, seperti seorang anak yang tidak bermutu dapat diketahui bahwa dia tidak kalah cerdas dengan anak lainnya tetapi minat yang dimiliki sejak kecil berada pada musik sehingga dia tidak cukup serius untuk mendaftar disekolah.

  • Metode Wawancara

Metode Wawancara merupakan tanya jawab antara pemeriksa dan orang yang diperiksa. Agar orang diperiksa itu dapat menemukan dirinya dalam hatinya, pandangannya, pendapatnya dan lain-lain, sehingga orang yang diwawancarai dapat menggali semua informasi dibutuhkan. Baik kuesioner atau wawancara keduanya memiliki kesamaan, tetapi berbeda dalam cara mereka disajikan.

  • Metode Pemeriksaan Psikologis

Dalam bahasa pemeriksaan psikologis, metode ini menggunakan alat tertentu yang hanya dapat digunakan oleh para ahli yang benar-benar terlatih. Pemeriksaan Psikologis digunakan untuk mengukur dan menentukan tingkat seseorang kecerdasan menuju minat seseorang, sikap seseorang dari struktur kepribadian, dan sebagainya.

  • Metode Analisis Karya

Metode Analisis Karya dilakukan dengan cara menganalisis karya seperti gambar–gambar, buku harian atau karangan yang telah dibuat. Hal ini karena karya dapat dianggap sebagai pencetus dari keadaan jiwa seseorang.

  • Metode Statistik

Metode Statistik digunakan dengan cara mengumpulkan data atau materi dalam penelitian dan melakukan analisis hasil yang telah diperoleh.

Kadang kita sulit mengungkapkan masalah atau beban pikiran yang ada dalam kehidupan kita, baik dengan orang terdekat sekalipun. Dan salah satu alternatif yang di tuju banyak orang untuk mengungkapkan masalahnya adalah dengan datang kepada psikolog. Mamang datang ke psikolog bukanlah hal yang salah, sebab dengan datang kesana segala rasa gundah gulana di hati anda dapat diatasi dan anda dapat rilex jika menceritakannya dengan metode-metode yang dilakukan oleh psikolog tersebut.