Memahami Sistem Pendidikan Yang Di Terapkan Di China

Pendidikan merupakan hal penting bagi semua orang. Pendidikan amat sangat berguna dalam kelangsungan hidup setiap manusia. Dimana pendidikan sesuatu yang utama yang harus di kembangkan dalam mencapai keberhasilan atau impian setiap individu. Jika anda buta pendidikan, maka anda gak bakalan bisa menjadi apa yang anda inginkan.

Setiap orang pasti membutuhkan pendidikan untuk menemukan siapa jati dirinya suatu saat nanti. Jika kita memiliki pendidikan pastinya kita dapat di arahkan ke jalan yang lebih baik dan memberi wawasan yang lebih luas. Namun untuk mengembangkan kualitas seseorang tergantung sistem pendidikannya. Nah, disini saya akan menjelaskan sistem pendidikan di China yang termasuk salah satu negara yang memiliki pendidikan bagus.

Sistem Pendidikan China

Seperti halnya China, salah satu negara terbesar di Asia dan terbesar ketiga di dunia. Pendidikan di China merupakan salah satu pendidikan terbaik di dunia saat ini. Salah satu contoh yang di ungguli oleh negara ini adalah bidang kedokteran. Untuk mengembangkan ini, mereka pastinya menerapkan sistem pembelajaran yang membangun niat para pelajar.

Selama masa ini, universitas yang lebih besar dan lebih komprehensif dipecah menjadi institusi khusus yang lebih kecil seperti universitas teknik, perguruan tinggi pertanian, perguruan tinggi medis dan lembaga perkeretaapian. Pendidikan tinggi di China dimulai dengan berdirinya universitas negeri pertama di tahun 1896.

Sampai berdirinya Republik Rakyat Cina pada tahun 1949, pendidikan tinggi China dikembangkan sebagian besar sesuai dengan model universitas Barat. Selain itu, studi komparatif dengan kurikulum di negara Inggris, Amerika, Kanada, Australia, Korea Selatan, Thailand, Rusia, Swedia, Finlandia, Selandia Baru, Jepang, India, Brasil dan Mesir.

Dengan menerapkan studi komparatif, sehingga mereka memiliki wawasan yang luas dalam meningkatkan kualitas kurikulum dalam pendidikan. Studi ini memiliki makna dalam menfasilitasi pemahaman terhadap sistem pendidikan di dunia dengan sosial ekonomi dunia.

Pendidikan di china terdiri atas 4 sektor, yaitu

  • Basic education,
  • Technical dan vacational education
  • Higher education
  • Adult education.

Selain itu, ada juga terdapat pendidikan prasekolah yang materinya meliputi permainan, olahraga, kegiatan kelas, observasi, pekerjaan fisik, serta aktivitas sehari-hari.

Setelah reorganisasi tahun 1950-an, universitas-universitas di China sejak tahun 1990-an kembali ke model yang lebih Barat dengan sekolah yang lebih besar dan pendidikan yang lebih umum. Terlepas dari perubahan yang terus berlanjut ini, masih umum, dengan spesialisasi yang sangat tinggi dalam sistem pendidikan Tiongkok.

Pendidikan teknik dan vokasional memperolah tempat dalam masyarakat. Pendidikan ini biasanya adalah indikator penting untuk mengarah pada proses moderisasi dan yang di terapkan juga di China. Dimana pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas orang-orang dalam masyarakat dalam pengemabngan sosial ekonomis ekonomi penduduk.

Tujuan pendidikan nasional China adalah untuk mempersiapkan pelajar mengembangkan dirinya dalam dimensi moral, intektual, fisik, estetika sesuai dengan bidang pekerjaannya kelak agar menjadi pekerja sosialis yang memiliki idealisme, terdidik dan berbudaya, memiliki karakter yang kuat dan disiplin.

Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian ditekankan pada pengembangan sistem pendidikan yang akan memungkinkan China untuk bergerak dengan lancar dari masyarakat pertanian ke industri. Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin ditekankan. Dan sekarang ini, banyak banyak orang-orang China yang telah sukses diberbagai bidang, mulai pendidikan, industry dan pertanian yang berada hamper di seluruh belahan dunia ini.

Struktur  Dan Jenis Pendidikan China

Pendidikan dasar China terdiri dari : 3 tahun PAUD, 6 tahun pendidikan dasar, 3 tahun pendidikan menengah pertama, 3 tahun pendidikan menengah atas. Pendidikan tinggi setingkat akademi 2-3 tahun, pendidikan tinggi kejuruan teknik 4 tahun, pendidikan gelar sarjana 4 tahun, pendidikan gelar magister 2-3 tahun, pendidikan doctor 3 tahun.

Pola sistem manajemen pendidikan di China adalah tersentralisasi, mulai dari level pusat, provinsi, kota madya, termasuk daerah-daerah otomoni setingkat kota madya. Departemen perencanaan, keuangan, tenaga kerja, personalia pemerintah pada semua tingkat untuk membantu kantor-kantor pendidikan dalam merumuskan perencanaan pembangunan pendidikan termasuk anggaran dan sistem penggajian pegawai.

Komisi pendidikan negara atau State Education Commission, SEDC adalah organisasi profesional pemerintah yang punya tanggung jawab penuh terhadap palaksana administrasi pendidikan. Dibawah pengawasan State Council, kementerian pendidikan bertanggung jawab untuk semua perencanaan dan pembuat kebijakan umum tentang pendidikan, dimana pengadministrasiannya pendidikan dasar didesentralisasikan ke pemerintah provinsi dan kota, kabupaten, desa.

Pendidikan tinggi pengadministrasiannya dan pengawasannya ditingkat nasional dan provinsi. Sistem pendidikan Tiongkok didasarkan pada struktur seleksi elit, di mana nilai ujian masuk universitas nasional menentukan nasib Anda (setidaknya di sistem negara).

Persentase populasi perguruan tinggi China di pendidikan tinggi telah meningkat dari 1,4% pada tahun 1978 menjadi sekitar 20% di tahun 2005. Setiap tahun 450.000 mahasiswa teknik lulus dari perguruan tinggi, 50.000 lulusan dengan gelar magister, dan 8.000 lulusan Ph.Ds.

Struktur Mata Pelajaran Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum di China adalah kurikulum jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang terdiri atas:

  • Kelompok mata pelajaran China dan Moral
  • Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Matematika
  • Kelompok mata pelajaran Sosial dan Politik
  • Kelompok mata pelajaran Olahraga, Jasmani dan Kesehatan
  • Kelompok mata pelajaran Bahasa China dan Bahasa Asing

Jumlah Mata Pelajaran

  • Sekolah Dasar memiliki 10 mata pelajaran wajib
  • Sekolah Menengah Pertama memiliki 13 mata pelajaran wajib
  • Sekolah Menengah Atas tidak memiliki bobot mata pelajaran yang diwajibkan karena mempunyai suatu sistem yang menyesuaikan mata pelajaran dengan keinginan siswa.

Wajib belajar berlangsung selama 9 tahun, dimana anak-anak memasuki sekolah dasar pada usia 6 tahun. Sebelum memasuki masa sekolah dasar, anak anak dapat memperoleh pendidikan PAUD untuk beberapa tahun. Wajib belajar terdiri dari 6 tahun sekolah dasar dan 3 tahun sekolah menengah pertama.

Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi

Ketentuan wajib belajar 9 tahun yang mencakup sekolah dasar dan sekolah tingkat pertama. Sekolah menengah spesialisasi menerima siswa lulusan sekolah menengah tingkat pertama untuk program 4 tahun. Pendidikan strata 1 pada pendidikan tinggi kebanyakan berlangsung selama 4 tahun.

Pendidikan tinggi diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi seperti universitas (misalnya: bidang umum dan teknik), Institusi spesialisasi (misalnya: kedokteran, pertanian, bahasa asing, dsb), Universitas vokasi (misalnya: diklat guru) dan Akademi. Ujian masuk ke pendidikan tinggi di China sangat kompetitif.

Program kedokteran dan engineering berlangsung 5 tahun dan bahkan ada fakultas kedokteran yang melaksanakan kuliahnya selama 6 tahun. Akademi-akademi program diploma menyelenggarakan pendidikan 2 atau 3 tahun. Pendidikan pascasarjana terdiiri dari program Magister(s-2) dan program doktor(S-3); yang pertama biasanya berlangsung 2,5-3 tahun sedangkan yang kedua 3 tahun.

Gelar sarjana diberikan oleh universitas dan institusi spesialisasi, juga diberikan oleh Universitas Vokasi. Universitas vokasi dan Akademi Spesialisasi menyelenggarakan pendidikan lanjutan dan memberikan diploma pada lulusannya. Gelar Magister dan Doktor diberikan oleh Universitas dan beberapa Institusi Spesialisasi.

Pendidikan Prasekolah

Perkembangan pendidikan prasekolah di China selalu berpegang pada prinsip bahwa pelaksanaanya tergantung terutama pada inisiatif atau prakarsa masyarakat setempat. Di luar dari itu, prasekolah banyak di kelola oleh depertemen-depertemen, unit-unit kerja serta organisasi sosial. Namun jangan salah, ini tetap juga berada dalam aturan dan undang-undang negara. Soalnya pendidikan tersebut pada umumnya dilaksanakan sesara purna waktu.

Pendidikan Khusus

China juga memiliki suatu sistem pendidikan khusus untuk anak-anak dengan kemampuan khusus, anak-anak ini akan diarahkan untuk mencapai kemampuan standar minimum. Pendidikan khusus ini, cukup berkembang pesat semenjak berdirinya Republik Rakyat China.

Jumlah sekolah bagi anak-anak tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita telah berkembang dari 42 buah dalam tahun 1949 menjadi 746 buah dengan jumlah yang di layani dari 2,000 menjadi 72,000 orang.

Dasar Hukum Pendidikan China

Sejak pertengahan tahun 1980-an telah dihasilkan produk hukum yang memayungi pelaksanaan pendidikan di China. Pemerintah menggunakan produk hukum ini untuk mengalokasikan dana pendidikan, perencanaan pendidikan, evaluasi penyelenggaraan pendidikan, pengaturan kebijakan pendidikan, pelayanan informasi, pengawasan pelayanan pendidikan. Produk hukum yang dimaksud seperti:

  1. School Act
  2. Educational Examination Act
  3. Educational Investment Act
  4. Lifelong Learning Act
  5. Compulsory Education Law
  6. Education Law
  7. Teacher Act
  8. Higher Education Act
  9. Academic Degrees Regulations
  10. Private and Non-Governmental Education Promotion Act
  11. National Act on Language and Scrip System
  12. Regulation on China-Foreign Joint Education Institutions and Programmes
  13. Beberapa peraturan perundangan merupakan hasil dari diskusi mendalam antara pemerintah pusat dengan para pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, ahli, dosen universitas, guru sekolah.

Perkembangan Pendidikan Swasta

Sistem pendidikan di negara ini terbilang sangat ketat, yang tentunya bisa menyingkirkan biroksi dari keluarga kaya. Pendidikan swasta di China umumnya di kembangkan sebagai organisasi keuntungan daripada perusahaan akademi walaupun hanya sesekali. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang sangat mengesankan melalui sumber alternatif tersebut.

Konsep seperti ini menyebabkan sekolah hanya fokus dalam kegiatan sekolah tanpa perlu memikirkan urusan lain yang cukup menyita waktu seperti sarana prasarana dan keuangan. Universitas-universitas Inggris seperti Liverpool dan Nottingham telah membuka kampus afiliasi Asia di China karena telah menarik “kekayaan dengan otak”.

Banyak Sekolah China Menerapkan Hukum Fisik

Ternyata sekolah di China banyak yang menerapkan hukuman fisik, jika seorang murid melakukan kesalahan maka guru punya hak untuk menghukum mereka baik itu di pukul atau di tampar, memang agak takut tapi hal ini dilakukan agar para murid disiplin dan tidak menjadi orang yang melanggar hukum. Ini bertujuan supaya murid-murid jadi dispilin.

Anak-anak yang sudah terbiasa dengan pemukulan oleh para guru akan menggunakan kekerasan dalam kehidupan bermasyarakt sebagai metode yang wajar (dalam menyelesaikan masalah). Pemukulan antara para murid adalah hasil nyata dari kekerasan para guru. Inilah alasannya para senior memukuli para junior dan para junior tersebut tidak berani melawan.

Orang akan menjadi kebal dalam menghadapi kekerasan. Dan kecenderungan dalam melakukan (tindak) kekerasan akan terus ada di dalam masyarakat.

Fakta Sistem Pendidikan Yang Di Terapkan Di China

  • Sekolah-sekolah di Tiongkok melakukan olahraga pemanasan setiap hari, yap, setiap hari tanpa kecuali
  • Gizi dan ilmu yang diberikan harus seimbang
  • Jam istirahat juga tak tanggung-tanggung, satu jam penuh para murid akan istirahat dan makan siang
  • Para guru juga diperlakukan dengan penuh hormat dan apresiasi
  • Banyak sekolah yang mengambil tindakan hukuman fisik sebagai peringatan bagi para siswa
  • Ada poster akademik berisi peringkat prestasi tergantung di tiap kelas yang bertujuan untuk memotivasi murid agar belajar lebih giat
  • Jika dihitung secara keseluruhan, anak-anak Tiongkok belajar lebih dari 10 jam setiap harinya
  • Sekolah-sekolah dibagi menjadi publik dan privat
  • Sistem pendidikan bahasa asing ala Tiongkok menerapkan metode kata per kata atau verbatim
  • Anak-anak yang berasal dari keluarga miskin yang tak mampu membayar biaya sekolah dasar seringkali dimasukkan ke sekolah kung fu
  • Mereka diajari dari usia dini bahwa mereka harus melakukan yang terbaik di setiap hal yang mereka lakukan
  • Bahasa Asing Menjadi Pelajaran Penting

Jadi pendidikan sebagai layanan ekspor juga akan dimasukkan dalam daftar prioritas baik pemerintah China maupun penyedia pendidikan. Dengan demikian, hal ini dapat dimaknai bahwa pendidikan adalah proses yang sangat dibutuhkan dalam membentuk diri secara utuh bagi pengembangan potensi untuk memenuhi komitmen sebagai individu atau mahkluk soaial.

Itulah yang penjelasan mengapa negara China memiliki sitem pendidikan yang tinggi. Di negara ini, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki ilmu, kreatif, mandiri serta bertanggung jawab. Peserta didik merupakan orang yang memiliki potensi dasar yang perlu di kembangkan melalui pendidikan baik secara fisik maupun psikis, baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat.