Kenapa Sebagian Orang Melanjutkan Sekolah Ke luar Negeri? Simak Disini Jawabannya

Memiliki paras tampan dan cantik tak menjamin kelangsungan hidup menjadi lebih baik. Namun saat ini pendidikanlah yang menjadi hal yang sangat diperhatikan. Bahkan tak jarang banyak orang yang rela tinggal jauh dari orangtua dan keluarganya demi melanjutkan suatu pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Dan luar negeri lah yang menjadi sasaran para penuntut ilmu, nah kira-kira kenapa luar negeri menjadi pilihan banyak orang untuk melanjutkan pendidikannya ya guys? Yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Pendidikanlah yang menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang. Pendidikan juga umumnya dijadikan tolak ukur kualitas setiap orang.

Dalam bahasa Inggris pendidikan berarti education. Sedangkan dalam bahasa latin berarti educatum yang berasal dari kata E dan Duco, E berarti perkembangan dari luar dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco berarti sedang berkembang. Dari sinilah, pendidikan bisa juga disebut sebagai upaya guna mengembangkan kemampuan diri.

Pendidikan dapat diperoleh baik secara formal dan non formal. Pendidikan secara formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan, terstruktur oleh suatu insititusi, departemen atau kementerian suatu negara. Sedangkan pendidikan non formal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami atau dipelajari dari orang lain.

Saat ini, banyak anak-anak yang sudah menempuh pendidikan sejak usia dini bahkan sejak umur mereka masih dua atau tiga tahun. Meskipun begitu, pendidikan formal sebenarnya baru mulai di Sekolah Dasar (SD) ketika anak berumur tujuh tahun. Ketika di Sekolah Dasar, anak-anak diajari ilmu-ilmu mendasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Ya semua orang pasti setuju jika pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk membantu seseorang mencapai kesuksesannya, meskipun sebenarnya pendidikan bukanlah satu-satunya hal yang menentukan keberhasilan tersebut. Akan tetapi, kesuksesan yang dicapai tentu saja dimulai dari ilmu-ilmu dasar. Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa juga tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan.

Tujuan pendidikan dijadikan sebagai sebuah pedoman bagaimanakah proses pendidikan seharusnya dilaksanakan dan hasil apa yang diharapkan dalam proses pendidikan. Setiap kegiatan yang terencana, pendidikan memiliki kejelasan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Mengapa Sebagian Orang Melanjutkan Pendidikan Ke Luar Negeri?

Tak sedikit orang yang melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, entah itu memang cita-citanya yang ingin mendapatkan pendidikan yang lebih baik atau pun mungkin karena mendapatkan beasiswa. Ya di zaman sekarang ini, belajar di luar negeri tidak jadi angan-angan saja. Ada banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri.

Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk dapat bersekolah ke luar negeri. Namun, bukan hal yang mustahil jika kamu ingin melakukannya. Banyak memang alasan orang mengapa lebih memilih melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Ada beberapa orang yang meyakini jika pendidikan di luar negeri lebih baik di negeri sendiri, ada juga yang ingin mencoba pengalaman baru dan ada juga yang ingin memiliki nasib yang mujur. Lalu apakah ada manfaat lain jika sekolah di luar negeri? Ya, tentu saja ada dong. Berikut ini merupakan manfaat yang di dapat ketika memutuskan sekolah di luar negeri:

  • Meningkatkan Kemampuan Dalam Berbahasa

Yang paling utama ketika kamu memilih untuk melanjutkan kuliah atau pendidikan di luar negeri adalah kemampuan berbahasa kamu akan semakin berkembang dan semakin baik. Tentu saja kamu akan berbicara dengan bahasa tempat dimana ada berada bukan?

Mau tidak mau kamu harus berbicara dengan bahasa asing agar bisa berkomunikasi dengan orang lain, walau mungkin awalnya kamu tidak terlalu mahir. Tapi, jika kamu sering mengucapkannya maka kamu akan terbiasa dan menjadi mahir.

  • Kualitas Pendidikan Yang Lebih Baik

Salah satu alasan kenapa pelajar kita memilih belajar di luar negeri diantaranya karena kualitas pendidikan disana relative lebih baik dari pendidikan di Indonesia. Bukan berarti pendidikan di negara kita ini gak baik lho ya.

  • Menjadi Pribadi Yang Lebih Mandiri

Bertahan hidup sebagai mahasiswa di luar negeri jauh lebih sulit dibandingkan di Indonesia. Merantau di negeri orang, kamu tidak bisa mengandalkan keluarga di rumah untuk mengirim transferan tambahan saat kamu kehabisan uang. Karena itu, jangan heran jika mahasiswa Indonesia yang merantau ke luar negeri biasanya bergaya hidup sangat sederhana.

Uang kiriman atau beasiswa yang mereka terima harus dihemat agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ini yang menjadi nilai plus ketika kita memutuskan untuk melanjutkan sekolah di luar negeri dan secara otomatis kita akan menjadi pribadi yang lebih mandiri.

  • Mempelajari Budaya dan Sistem Pendidikan Baru

Menurut berbagai pengalaman, bersekolah di luar negeri adalah cara terbaik untuk mempelajadi budaya baru. Belajar budaya baru tentu akan menambah pengalaman dan keterampilan kita dalam bersosialisasi. Kamu juga akan melihat atau mengalami sistem pendidikan yang berbeda dari negara asal kamu sebelumnya.

Biasanya sistem pendidikan di setiap negara berbeda dan ini akan menjadi pembelajaran yang baik bagi kamu. Kamu akan mencoba beradaptasi dengan sistem pendidikan di tempat kamu belajar dan itu pastinya akan menjadi pengalaman baru kamu.

  • Memiliki Teman Baru dari Berbagai Negara

Ini juga salah satu keuntungan belajar di luar negeri, memiliki banyak teman baru. Tentu saja ketika kita memilih belajar di sebuah negara, orang yang belajar disana tidak hanya berasal dari negara itu sendiri bukan? Tentunya banyak juga yang seperti kita, merantau.

Belajar di luar negeri akan menjadi kesempatan yang baik untuk menambah kontak baru dengan berbagai teman dan membangun hubungan yang luas. Selain itu, menjadi bagian dari komunitas akademis yang beragam secara internasional juga dapat meningkatkan kualitas belajarmu.

  • Karier Internasional

Sebagian perusahaan sangat memperhitungkan calon karyawan yang memiliki pengalaman internasional. Dengan demikian, prospek karier kamu di masa depan akan lebih baik. Kamu juga lebih banyak memiliki kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Tetapi tentunya ‘sekolah di luar negeri’ tidak akan juga selalu menerima kamu di posisi yang kamu inginkan. Kamu juga harus mengimplementasikan pengalaman yang kamu dapat di pekerjaan kamu kelak.

  • Belajar Sambil Travelling

Kamu tentu tidak akan hanya menghabiskan waktu di kampus saja bukan? Belajar di luar negeri memberimu lebih banyak kesempatan untuk jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Alasan bagi kamu untuk wajib mencoba bersekolah di luar negeri adalah mengambil kesempatan untuk travelling ke berbagai tempat yang tak pernah ada di negerimu.

Hal ini bisa kamu lakukan setiap minggu atau saat libur panjang. Tak hanya mengelilingi negeri tempat kamu belajar, kamu juga bisa mengunjungi negeri tetangganya untuk berjalan-jalan dan menikmati aneka kebudayaan yang beraneka ragam. Hal yang sangat menyenangkan bukan?

  • Etika Kerja Yang Baik

Ketika kamu mencoba bekerja di luar negeri, kamu akan dipaksa bekerja dengan sistem yang lebih rapi dan berbeda. Hal ini akan membuat kamu semakin beretika dalam bekerja dan akan membuat kamu akan merasa perlu bekerja lebih baik lagi. Tentunya ini akan menjadi nilai plus ketika kamu bekerja di negara asal kamu.

Mencoba studi di luar negeri akan membuka pikiranmu menjadi lebih luas dan membuatmu mempunyai sikap toleransi yang tinggi. Jangan berpikir bahwa sekolah di luar negeri membutuhkan biaya yang banyak, tak sedikit beasiswa yang menawarkan biaya sekolah gratis ke negara-negara di penjuru dunia. Jika kamu beruntung, kamu mungkin saja bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Ya, itulah kurang lebih penjelasan di atas tersebut. Mungkin beberapa hal di atas yang membuat orang ingin melanjutkan sekolah di luar negeri dan tak hanya itu saja, kamu juga akan banyak mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru ketika jauh dari negara asal kamu.